Contoh Proposal Bisnis Sederhana (Internet Hotspot/Rt.Rw.net)

Berikut di bawah ini adalah contoh proposal bisnis sederhana, yang mana proposal tersebut di bawah adalah mirip dengan proposal bisnis yang Kami kirimkan beberapa waktu lalu ke Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013 untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi proposal bisnis nasional untuk mahasiswa dan umum untuk berkesempatan menjadi pengusaha pemula dengan mendapat modal maksimal 25 juta rupiah. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Proposal Internet Hotspot Komunitas

Jenis Usaha
Internet hotspot komunitas.
Latar Belakang
Internet kini sudah menjadi kebutuhan semua orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya sekedar di pakai saat diperlukan saja, tapi juga sudah menjadi candu bagi para pemakainya. Dari waktu ke waktu perkembangan & peminatnya bertambah sangat pesat. Dahulu, internet digunakan hanya untuk keperluan e-mail, chatting, mencari tugas atau menyelesaikan pekerjaan kantor yang tertunda. Sekarang, fungsinya sudah sangat luar biasa berkembang. Seperti: blogging, online earning, internet marketing, public branding, advertising, dan segala macam aktivitas social media lainnya.
Oleh karena itu, Kami berinisiatif ikut serta dalam kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat luas dalam bentuk bidang usaha yang kami geluti selama lebih dari lima tahun terakhir yaitu jaringan internet hotspot komunitas atau Rt/Rw.net.


Konsep Internet Hotspot Komunitas
Internet Hotspot Komunitas atau istilah lainnya Rt/Rw.Net merupakan salah satu solusi yang tepat untuk merealisasikan internet personal yang terjangkau & unlimited. Sebetulnya konsep usaha internet hotspot adalah pemutakhiran dari konsep usaha warnet. Pada usaha warnet bandwith (koneksi internet) di jual pada setiap komputer yang di sediakan oleh warnet dengan hitungan tarif perjam. Konsumen warnet yang ingin menikmati ‘surganya’ internet mau tidak mau harus datang dan duduk berlama-lama di warnet dengan tarif yang terus berjalan. Nah dalam konsep internet hotspot konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah dan berpanas-panasan hanya untuk mendapatkan koneksi internet. Konsumen hanya cukup berlangganan dengan tarif flat (tetap) perbulan dengan koneksi internet yang unlimited tanpa kuota dalam setiap bulannya. Dan tarifnya pun terjangkau.



Biaya jasa berlangganan internet hotspot unlimited untuk masyarakat, untuk awal akan dibuat menjadi empat paket berlangganan:
  • Koneksi internet personal, kecepatan hingga 512 Kbps Rp. 100.000,-/bulan
  • Koneksi internet personal, kecepatan hingga 1 Mbps Rp. 200.000,-/bulan
  • Koneksi internet personal, kecepatan hingga 2 Mbps Rp. 300.000,-/bulan
  • Koneksi internet SOHO/UKM, kecepatan hingga 3 Mbps Rp. 500.000,-/bulan
Tempat usaha awalnya akan didirikan di kota Bekasi, tepatnya sekitar daerah Bekasi Selatan.
Target Pemasaran Produk
  • Pemukiman masyarakat sekitar usaha berdiri (dalam radius 2km).
  • Sekolah-sekolah umum/terbuka.
  • Target jangka pendek (1 tahun) usaha sudah memiliki minimal 50 pelanggan.
  • Target jangka menengah (2-4 tahun) usaha sanggup menambah jumlah pelanggan minimal 60 pelanggan tiap tahun, dan memperluas wilayah layanan dalam kota dan sekitarnya.
  • Target jangka panjang (5 tahun ke atas) sudah menjadi perusahaan ISP profesional.
Strategi Pemasaran
Usaha internet hotspot komunitas mempunyai konsumen yang luas, unik, dan jumlahnya terus bertambah, target utamanya adalah penduduk yang tinggal di sekitar usaha untuk personal (rumahan, kostan) dalam radius sekitar 1-2km. Beberapa poin strategi pemasaran kami:
  • Penyebaran brosur/pamflet door to door ke pemukiman setempat.
  • Membuat situs online dan halaman di sosial media untuk promosi usaha.
  • Promo gratis biaya pemasangan pelanggan baru untuk jangka waktu tertentu.
  • Kerjasama dengan sekolah-sekolah umum untuk membangun infrastruktur internet hotspot dan program internet sehat di lingkungan sekolah.
  • Kerjasama dengan pemilik usaha kafe atau warung untuk menyediakan fasilitas akses internet hotspot gratis.
  • Kerjasama dengan komunitas masyarakat lainnya dengan sistem bagi hasil, jadi tidak perlu sewa tempat.
  • Kerjasama dengan ISP besar untuk bisa menyediakan bandwidth internet dengan harga relatif murah.
Keunggulan Internet Hotspot Komunitas
Dibanding para pesaing seperti provider-provider internet besar, usaha internet hotspot komunitas memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Koneksi unlimited tanpa kuota, tidak ada FUP seperti provider selular 3G atau WiMAX.
  • Harga dibuat relatif murah untuk koneksi internet unlimited tanpa kuota.
  • Pelayanan cepat dan bersahabat (bisa memberi garansi maksimal 2x24 jam untuk perbaikan atau perawatan ke tempat pelanggan).
  • Bisa memberi garansi uptime internet atau Service Level Agreement( SLA) 96% - 98% dalam sebulan.
  • Siap menanggung kompensasi jika uptime internet kurang dari SLA , apabila diakibatkan karena kesalahan dari pihak pengelola usaha.
SDM Pengelola Usaha
Untuk menjalankan usaha awal bisnis ini cukup seorang pengelola yang memiliki skil mengelola jaringan internet dan melayani kebutuhan pelanggan. Sedangkan pegawai lepas atau tetap bisa dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk membantu sdm pengelola. Seperti ketika jumlah pelanggan makin banyak dan jaringan internet makin besar.
Hasil dari pengalaman kami dan juga anggota komunitas internet hotspot lainnya, cukup dibutuhkan tenaga 2-3 orang untuk mengelola jaringan hingga mencapai 100 pelanggan.
Estimasi Pendapatan Dan Biaya Operasional
Berikut ini adalah estimasi besar keuntungan dan biaya operasional tiap bulan selama  tiga bulan pertama.
Estimasi Pendapatan

Biaya Operasional
Dengan catatan biaya operasional di atas memperhitungkan biaya penyusutan alat, yang dari hasil pengalaman kami berkisar 1-2% tiap bulan dari besar modal awal berupa aset seperti perangkat elektronik atau mesin.
Kebutuhan Modal
Penutup
Dari hasil perhitungan estimasi di atas, dapat diambil gambaran bahwa potensi usaha internet hotspot komunitas ini masih cukup banyak untuk menyerap pasar dan sanggup untuk mencapai titik impas (Break Even Poin) dalam sekitar 3-4 bulan.
Pangsa pasarnya cukup luas, terutama di wilayah padat pemukiman seperti perumahan, kostan atau kontrakan, dan lain-lain. Dari pengalaman anggota-anggota komunitas internet hotspot ini, permintaan dari masyarakat cukup tinggi walaupun saat ini telah banyak provider-provider internet besar seperti operator selular yang memberikan harga berlangganan murah. Hal ini dikarenakan selain mempertimbangkan harga, para konsumen juga menginginkan kwalitas yang baik dan juga pelayanan yang prima terhadap berbagai permasalahan yang mungkin terjadi.

Post a Comment