CI Themes: Theme Sederhana untuk CodeIgniter


CI Themes
Berawal dari sebah project yang mebutuhkan customisasi tampilan yang mudah dan sederhana yang di bangun menggunakan CodeIgniter, muncullah sebuah ide untuk membuat suatu library yang berfungsi untuk pengelolaan tampilan atau lebih populer disebut themes. Terinspirasi dari wordpress themes, kebutuhan akan kustomisasi di bagian themes itu sendiri. Maka berdasarkan spesifikasi kebutuhan tersebut lahirlah sebuah library untuk CodeIgniter yang berfungsi sebagai themes layaknya themes pada wordpress.
Mengapa wordpress? ini yang menuruk kami lebih mudah dan simple, karena kustomisasi tampilan bisa sepenuhnya dilakukan pada themes tanpa harus masuk ke bisnis proses yang sebenarnya dan terkumpul dalam satu folder themes, sehingga memudahkan dalam men-deliver sebuah themes.
Dengan sturktur yang hampir mirip dengan wordpress themes, library ini cocok digunakan dalam pengembangan website, dan mungkin kurang cocok jika digunakan dalam pengembangan aplikasi.

Fitur utama dari libray ini adalah:

  • Semua file yang berhubungan dengan themes disimpan dalam satu folder.
  • Overriding of views (dengan menempatkan folder view pada themes, maka file2 yang ada di folder view akan tergantian)
  • Memungkinkan template/layout dibuat perbagian, seperti sidebar, header, footer (seperti pada wordpress themes)
  • Mendukung Element view, ini terinspirasi dari CakePHP elements.
  • Additional functions seperti pada WordPress themes.
Nah untuk lebih jelasnya, bisa langsung saja menuju kemari. Mohon kritik dan sarannya, sehingga bisa dikembangkan lagi menjadi lebih baik lagi.

Post a Comment