Desktop: KDE VS GNOME

  1. Apakah desktop itu?
  2. KDE vs Gnome, Apakah lingkungan desktop yang lebih baik?
  3. Masa Depan adalah Freedesktop
  4. Persyaratan Hardware
  5. Desktop Terbaik


1. Apakah desktop itu?

Desktop merujuk pada lingkungan grafis di mana Anda melakukan pekerjaan Anda. Desktop biasanya terdiri dari sebuah ruang kerja (disebut jendela root) dengan ikon cantik dan sangat mungkin menu yang muncul ketika Anda klik di atasnya, biasanya sebuah panel di bagian atas atau bawah dan / atau atas layar dengan menu dan banyak layanan praktis lainnya Anda mungkin tidak pernah menyadarinya.
Bagian paling penting dari desktop apapun adalah window manager, ini adalah aplikasi yang menangani penempatan jendela dan gerakan. Window manager adalah apa yang menarik perbatasan (atau perbatasan tidak) di sekitar jendela Anda dan membuat mereka memaksimalkan, meminimalkan, bergerak dan berperilaku sesuai dengan preferensi Anda.

2. KDE vs Gnome, Apakah lingkungan desktop yang lebih baik?

KDE dan Gnome adalah lingkungan desktop yang lengkap yang terdiri dari sejumlah besar potongan yang terpisah namun masih terintegrasi perangkat lunak. Gnome menggunakan window manager yang disebut metacity , KDE menggunakan kwin. Kedua desktop dapat digunakan dengan window manager lain jika Anda tidak menyukai pilihan default.
Linux adalah seperti Lego. Anda dapat membangun lingkungan desktop Anda sendiri. Kedua KDE dan GNOME adalah paket hanya besar dengan perangkat lunak yang bertujuan untuk melihat dan merasakan hal yang sama, bekerja sama dengan baik dan umumnya memberikan pengalaman yang menyenangkan. Jika Anda tidak menyukai komponen, kemudian menggantinya dengan sesuatu yang lain. Sesederhana itu.
Aplikasi yang "dibuat untuk gnome" atau "dibuat untuk kde" dapat digunakan dengan dekstop apapun. Ini hanya berarti bahwa program menggunakan satu set fungsi perpustakaan ditemukan dalam mendasari mereka gnome-libs atau kdelibs. Anda tidak perlu menggunakan desktop sebenarnya untuk menggunakan aplikasi, perangkat lunak dibuat untuk KDE dan Gnome dapat digunakan dengan window manager / desktop selama Anda punya perpustakaan yang tepat diinstal. Tidak ada alasan untuk menggunakan aplikasi hanya dibuat untuk desktop yang Anda inginkan, perangkat lunak "terbaik" untuk satu tugas dibuat untuk KDE, yang terbaik untuk tugas lain dibuat untuk Gnome. Gunakan yang terbaik dari kedua dunia.
Kedua KDE dan Gnome dapat disesuaikan untuk berperilaku persis seperti yang Anda inginkan. Apa yang desktop yang Anda inginkan adalah pilihan Anda sendiri dan preferensi. Jika ragu, cobalah untuk belajar baik. Atau bereksperimen dengan desktop lainnya. Ingat, aplikasi * nix tidak terkunci ke desktop mereka dibuat untuk, aplikasi Gnome dapat digunakan di KDE dan sebaliknya.
Tidak ada "desktop terbaik", tetapi ada desktop yang terbaik untuk Anda. Ini masalah preferensi, dan perangkat keras.

3. Masa Depan adalah Freedesktop

Freedesktop.org adalah sebuah proyek software yang bertujuan untuk mengembangkan standar teknologi bersama untuk X Window System. Mereka menyediakan protokol umum seperti Protokol Spesifikasi Sistem Baki , standar yang memungkinkan pengembang untuk menulis sebuah program yang akan bekerja di KDE, GNOME, Fluxbox dan desktop lain yang mengikuti rekomendasi Freedesktop.
adalah sebuah proyek perangkat lunak bebas untuk bekerja pada interoperabilitas dan teknologi bersama untuk lingkungan desktop untuk X Window System. X desktop yang paling terkenal adalah GNOME dan KDE tetapi setiap pengembang bekerja di Linux / UNIX teknologi GUI dipersilakan untuk berpartisipasi.

4. Persyaratan Hardware

Desktop Diperlukan RAM Diperlukan CPU
fluxbox / idesk 48 100 MHz
Xfce4 128 200 MHz
Gnome 1.x 256 500 MHz
Gnome 2.x 384 800 MHz
KDE 3.x 512 1 GHz
Nilai-nilai ini aturan umum. KDE akan mulai pada sistem komputer yang seharusnya telah dipindahkan ke museum lama, seperti sebuah Pentium 100 dengan 64 MB RAM, tetapi akan berjalan mengerikan lambat. Setiap kotak komputer dapat digunakan untuk tujuan yang tepat jika Anda memilih perangkat lunak sesuai dengan kapasitas. Sebuah Pentium 100 akan membiarkan Anda menulis email dan berselancar di Internet jika Anda memilih email client mutt dan browser Lynx web.
Untuk kotak baru panas dengan banyak RAM dan CPU yang cepat KDE 3.x Saya sarankan atau Gnome 2.x. Gnome dan KDE kembung bahkan lebih membengkak. Ini bagus, tetapi semua fitur mewah permintaan CPU yang lebih dan ram.
Xfce4 adalah Desktop Environment yang sangat bagus lengkap cepat dan ringan dan mungkin adalah pilihan terbaik untuk tua, tapi hardware tidak kuno. Para Desktop ROX adalah pilihan lain cahaya yang baik.
Untuk hardware benar-benar tua Anda harus menggunakan sesuatu yang sederhana untuk menggambar ikon pada desktop Anda (seperti idesk ) dan jendela cepat palungan seperti fluxbox (berdasarkan blackbox ), Waimea atau IceWM

5. Desktop Terbaik

Sekali lagi: Cobalah mereka semua. Ini adalah pilihan Anda. Ada banyak Live-CD distribusi Linux yang memungkinkan Anda mencoba KDE dan Gnome tanpa menginstal apapun di semua. Knoppix adalah alternatif yang bagus.
Beberapa orang mengklaim KDE adalah pilihan terbaik untuk pemula.

Post a Comment