Ini tutorial terakhir dari seri Membuat Game Android Dengan Unity : Tebak Gambar Clone. Part 1 bisa Anda lihat di sini. Oke selanjutnya kita akan membuat suatu tanda yang akan menjelaskan apakah jawaban player itu : salah, hampir, benar, atau salah-game over. Untuk itu silahkan pilih masing-masing tanda yang berada pada folder ‘Textures’. Saya mulai dengan sign / tanda untuk jawaban benar. Drag-n-drop sign Benar tadi pada folder ‘Level’ seperti pada gambar berikut :
Atur posisi objek sesuai keinginan Anda. Selanjutnya kita akan membuat Animasi untuk memperindah tanda tersebut. Silahkan masuk pada jendela Animation, kemudian klik tombol merah (record) yang berada pada jendela tersebut. Save animasi pada folder Animation, jika belum ada, buat;ah terlebih dahulu.
Selanjutnya kita akan membuat sebuah animasi sederhana, dimana animasi tersebut muncul secara zoom in dalam satu detik.
Add Curve pada jendela Animation, kemudia tambahkan Transform > Scale. Pada detik 0:00 masukan scale menjadi seperti gambar diatas : x = 3, Scale =3, dan Z=1. Maka pada saat animasi ini dijalankan, objek akan berada pada skala 3.
Pada detik 0:50 buat scale menjadi : X = 0.8, Y= 0.8 dan Z tetap pada skala 1. Karena kita berada pada dimensi 2, maka sumbu Z kita biarkan saja. Klik Play pada tombol play yang ada pada jendela Animation, kemudian perhatikan objek yang akan kita buat sign tadi. Objek tersebut sudah memiliki animasi Zoom in. Kemudian set skala ke skala normal yaitu 1.
Buat scale x, y dan z menjadi 1 seperti gambar diatas.
Kemudian buat animasi objek tersebut menjadi flat, supaya lebih terlihat rapi. Klik pilihan ‘Curves’ kemudian pilih ‘bener : scale’, klik kanan pada salah satu node / titik pada Animaton Workspace, kemudian pilih ‘Flat’.
Klik tombol record untuk menghentikan proses editing Animasi. Selanjutnya buka file animasi yang telah kita buat, klik atau pilih pada file animasinya (ekstensi file *.anim), kemudian lihat pada inspector. Uncheck pilihan ‘Loop Time’ supaya animasi hanya berjalan satu kali ketika dalam keadaan OnAwake(). Disable game object pada inspector, karena kita akan menampilkannya lewat code. Selanjutnya buatlah 3 animasi lainnya : Hampir benar, salah, dan game over. Buatlah dengan step yang sama persis seperti pada animasi Benar.
Buka kembali folder Script, kita akan mengubah serta menambah beberapa baris code pada script StatusScript.cs,
Scripts :
Berikut script lengkap masing-masing script yang digunakan dalam pembuatan Game Tebak Gambar Clone.GUIScale.cs diletakkan pada game Object GUI :
What’s Next :
Membuat scene untuk Menu atau Memilih level. Buat script baru untuk menampilkan Level. Kita sudah membuat system lock / unlock level dengan menggunakan Playerprefs pada setiap level yang akan generate nilai int, nilai int ini yang akan kita gunakan untuk sistem lock/unlock level. Buatlah scene baru, kemudian tambahkan script berikut pada scene : LevelSelect.csHit Play! Jika langkah Anda sudah benar, maka game akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika sudah benar, maka Game Tebak Gambar Clone akan berjalan seperti pada video berikut :
Terakhir, silahkan Build game tersebut untuk Platform Android, and Gotcha! Kita sudah membuat Game Tebak Gambar Clone.
Bagaimana, mudah bukan ? Ternyata hanya menggunakan beberapa script dan dengan logika sederhana saja kita dapat membuat Game Tebak Gambar Clone. Jika Anda ingin membuat full game nya, buatlah asset atau grafis semenarik mungkin. Dalam tutorial ini hanya menggunakan grafis alakadarnya, karena hanya menunjukan alur pembuatannya saja. Selanjutnya, terserah kreatifitas Anda.
1 comments:
linknya mana gan?
ReplyPost a Comment