Porting Game Unity ke Facebook App Lewat DropBox

pradeBeberapa bulan yang lalu,  iseng nyoba bikin game 2D menggunakan Unity. Game tersebut berjalan di Platform Android. Sebenarnya secara pribadi gak terlalu puas dengan hasil game tersebut. Pertama, karena grafisnya yang biasa saja, karena bukan ilustrator dan seriously, ini game dibikin sendirian tanpa team jadi agak keteteran ngurusin ini-itu nya. Kedua entah kenapa game tersebut sangat berat kalau dimainkan di device Android dengan spesifikasi hardware low-end. Yah, memang gamenya gak terlalu populer. Entah gameplaynya yang membosankan atau grafisnya yang biasa saja, gue gak terlalu faham. Yang jelas kekurangan-kekurangan tersebut menuntut gue untuk terus belajar dan belajar lagi. Btw, bagi yang ingin mencoba gamenya, bisa mendownload via Playstore disini : PR Ade. Berikut beberapa penampakannya :




Dari kekurangan-kekurangan itu, gue berfikir untuk porting game PR Ade ini via web, karena sadar web gue aja sepi begini maka solusinya game tersebut harus berjalan di platform web facebook. Kebetulan beberapa waktu lalu facebook secara resmi meluncurkan facebook SDK untuk Unity. Dan, yeah ini akan semakin mudah bagi kita yang ingin porting game lewat Facebook. Setelah nyoba tutorial official dari facebook tentang membuat aplikasi Unity ke Facebook Canvas, akhirnya game PR Ade bisa running di facebook :

Tapi untuk sekarang, game tersebut belum akan dipublikasi, masih banyak yang harus di improvisasi. Rencananya pengen nambahin Leaderboard buat score yang nantinya nampilin Highscore dari akun-akun facebook, butuh research lagi nih untuk beberapa hari.
Bagi temen-temen developer yang ingin porting game Unity nya ke Facebook, bisa mengikuti official tutorial dari facebook di link berikut : Create your app on Facebook. Tutorialnya mudah difahami kok, dan langsung bisa dipraktekan. Mungkin kita akan sedikit kesulitan pas section Unity Binary URL seperti pada gambar berikut :

Unity Binary URL ini adalah link dimana file .unity3d diupload. Asumsi gue dulu facebook menyediakan hosting sendiri untuk upload gamenya, ternyata tidak. Kita tetep harus upload filenya ke hosting sendiri. Oke, kita punya hosting sendiri terus filenya diupload, ini masalah baru lagi. Facebook ternyata hanya menerima file dengan hosting bersertifikat atau ssl (https). Bagi yang hostingnya tidak memakai ssl seperti gue ini sedikit mengecewakan, soalnya untuk tambah sertifikat ssl harus membayar lagi ke penyedia hosting atau jasa ssl. Pencarian gue gak sampai disitu, setelah tanya-tanya ke forum ternyata hal tersebut bisa diakali dengan memakai DropBox. Tentu saja hosting file sharing sekelas DropBox memakai https. Nextstep, yang harus Anda lakukan yaitu upload file tersebut ke DropBox. Kalau belum punya akun, buat dulu aja. DropBox menyediakan kurang lebih 2GB untuk akun free, game yang gue upload saja hanya sekitar 6MB, jadi enggak ada masalah dengan kapasitas. Jika sudah selesai, copy link download dari file yang sudah Anda download tadi. Ingat, copy link downloadnya (salin alamat tautan), bukan link share filenya. Contoh seperti pada gambar berikut :

Jika telah selesai, paste-kan ke bagian Unity Binary URL seperti berikut :

Klik save pada pengaturan App, kemudian buka link facebook aplikasi Anda, seharusnya file tersebut berhasil di-load dan ditampilkan pada facebook canvas.

Cuman yang jadi masalah adalah, apakah skema tersebut dibenarkan Oleh DropBox ? Berarti setiap kali kita memainkan game tersebut otomatis kita mendownload filenya via DropBox. Selanjutnya jika gamenya banyak yang mainin, otomatis akan besar sekali traffic ke file tersebut. Saya sudah mencari berapa bandwidth yang diizinkan oleh DropBox untuk mendownload file kita, tetapi tidak ketemu. Semoga normal-normal aja ya.

Post a Comment