Handy talky (Brik-brikan) dengan android



Handy talky (Brik-brikan) dengan android sangat mudah penggunaannya. Kali ini saya akan memberikan tutorial menjadikan smartphone android menjadi handy talky. Sebenarnya bukan hanya smartphone android saja yang bisa digunakan untuk brik-brikan. Selain hp berbasis sistim operasi android, sahabat juga bisa menggunakan Iphone atau komputer berbasis windows untuk melakukan brik-brikan. Interface / tampilan dan penggunaannya hampir sama kok antara android dan iphone. Berhubung smartphone yang saya gunakan adalah android, maka saya akan memberikan tutorial handy talky menggunakan android.

Untuk dapat memfungsikan hp kesayangan anda menjadi handy talky, maka hal yang harus anda lakukan adalah menginstall aplikasi zello pada smartphone kesayangan anda. Zello adalah aplikasi brik-brikan gratis yang bisa anda download atau unduh di playstore. setelah sahabat ketikkan di pencarian akan muncul zello seperti  gambar dibawah ini.
zello-brik
Setelah anda unduh zello, otomatis zello akan terinstall pada hp android anda. Dalam tutorial ini, saya asumsikan sahabat adalah pengguna baru yang belum memiliki account zello, sehingga sahabat perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Yang sahabat siapkan untuk registrasi adalah alamat e-mail, username, id, dan password. Id dan password sangat penting karena jika hp sahabat direset, atau hp sahabat ganti, atau sahabat ingin login zello menggunakan komputer atau juga iphone, sahabat membutuhkan id dan password untuk masuk/login. E-mail juga sangat penting, karena semisal sahabat lupa dengan password atau account sahabat di bobol atau dijaili oleh teman anda, sahabat bisa mereset dengan mengirimkan ke e-mail yang sudah sahabat masukkan ketika mendaftar. Nanti akan diberikan password baru ke alamat e-mail sahabat.
Cara menggunakan Handy talky untuk brik-brikan dengan menggunakan zello.
  • Cara menambahkan teman di zello --> sentuh pada gambar yang dilingkari dibawah ini, kemudian ketikkan username, nama, atau nomor ponsel kemudian sentuh tanda pencarian.


  • Cara gabung group di zello --> sentuh pada gambar group yang dilingkari pada gambar dibawah ini, kemudian pilih find a channel. Untuk membuat group baru, sahabat bisa pilih create a new channel.


  • Cara ganti status di zello --> Pilih option pada smartphone sahabat (biasanya terletak di pojok bawah atau kanan pada hp sahabat) kemudian pilih status. Ada 4 pilihan yang bisa sahabat pilih. Semisal sahabat memilih Avalaible maka ketika sahabat mendapatkan pesan akan langsung berbunyi handphone sahabat, tetapi semisal Busy maka hp sahabat akan menyimpan pesan yang dikirimkan.


  • Cara mengirimkan pesan suara di zello --> tekan gambar lingkaran yang didalamnya ada microphone, kemudian tunggu sampai merah kemudian sahabat bisa mengirimkan suara.

  • Cara mengirimkan pesan (alert) di zello --> Pilih gambar seperti dibawah ini yang dilingkari warna kuning, kemudian sentuh kemudian ketikkan pesan kemudian send.
  • Cara mengetahui anggota group di zello --> setelah anda sudah masuk ke group kemudian pilih seperti gambar yang dilingkari garis kuning seperti dibawah ini.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, sahabat bisa mendapatkannya di Playstore - Zello .Itu tadi sedikit info tentang zello walkie talkie sebagai brik-brikan android. semoga bermanfaat.

Post a Comment