Troubleshooting dengan Hirens Boot CD

Ada salah satu fasilitas dari Hirens Boot CD yang jarang sekali di gunakan oleh teknisi sebagai fasilitas Troubleshooting komputer. Banyak teknisi dan pengguna komputer mengandalkan Hirens Boot CD sebagai salah satu fasilitas utility dan fasilitas lainnya. Tetapi banyak yang meninggalkan fasilitas Troubleshooting dengan Hirens Boot CD.

Di beberapa forum dan konsultasi, saya sering menemukan pertanyaan seperti ini:


"Kalo errot booting.. pas muncul tulisan Windows XP tiba-tiba restart sendiri. Kira-kira itu masalah eror di hardware atau software?"

atau pertanyaan berikut:

"Ketika di hidupkan windows tiba-tiba ngeheng, dimana masalahnya?"

Dengan Hirens Boot CD, jawaban seperti itu akan terjawab dengan sendirinya. Sewaktu booting dengan Hirens Boot CD, maka akan keluar 3 buah menu yaitu: Boot From Hard Drive, Start BootCD, Start Mini Windows XP.


Gunakan Menu Start Mini Windows XP sebagai pilihan untuk melihat apakah Windows bisa berjalan normal (sebelumnya, lepas Harddisk dari Motherboard). Dengan Mini Windows XP, akan berjalan Windows XP versi Mini. Bila bisa berjalan dengan tampilan normal, maka komputer anda di pastikan tidak ada masalah. Tinggal masalah di Software atau di Harddisk.

Masalah software biasanya adanya virus dan file system yang corrupt. Masalah harddisk, biasanya kerusakan error atau bad sector pada harddisk. Permasalahan bad sector pada harddisk bisa anda perbaiki dengan Hirens juga, bisa anda lihat pada artikel tentang "Memperbaiki bad sector dengan Hirens Boot CD"

Post a Comment