Cara Mengakses Windows Remote Desktop Lewat Internet

Cara mengakses Windows Remote Desktop lewat Internet ini mungkin belum Anda ketahui. Jika Anda menggunakan Windows versi Pro, program Windows Remote Desktop telah diinstal pada Windows tersebut. Pada pengaturan default, Windows Remote Desktop hanya akan bekerja pada jaringan komputer lokal Anda. untuk mengakses Remote Desktop lewat Internet, Anda harus menggunakan VPN ataupun forward port pada router Anda.
Sebelum memulai, aktifkan Remote Desktop pada komputer Anda dan pastikan Anda dapat mengaksesnya dari komputer lain yang ada pada jaringan komputer lokal Anda.

Mempersiapkan VPN

Jika Anda membuat VPN, Anda tidak harus memaparkan server Remote Desktop langsung pada Internet. Pertama, Anda harus memasukkan komputer Anda kedalam VPN. Komputer remote Anda akan bertindak seakan-akan komputer tersebut adalah bagian dari jaringan komputer lokal yang sama dengan komputer yang menjalankan server Remote Desktop. Cara ini membuat Anda mampu mengakses Remote Desktop dan layanan lainnya, dan hanya dapat terlihat pada jaringan komputer lokal Anda.
Ada beberapa aplikasi VPN yang bisa Anda gunakan. Saya merekomendasikan LogMeIn Hamachi – download dan instal program tersebut pada komputer yang akan menggunakan fitur Remote Desktop.Gambar Pertama Cara Mengakses Windows Remote Desktop Lewat Internet Oleh Cara Segiempat
Setelah Anda membuat akun, Anda bisa login ke Hamachi pada komputer lainnya, dan memasukkan kedua komputer pada “Hamachi network” yang sama. Program ini akan membuat kedua komputer seakan-akan berada dalam satu jaringan komputer lokal, meskipun kedua komputer ini terhubung melalui Internet.
Anda sekarang dapat menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection pada komputer Anda untuk terhubung pada server Remote Desktop. Gunakan alamat IPv4 pada komputer lainnya, yang ditampilkan pada jendela Hamachi saat Anda terhubung.

Forward TCP Port 3389

Pertama, carilah alamat IP pada komputer yang menjalankan Remote Desktop. Pada komputer tersebut, bukalah Control Panel, klik “View network status and task,” dan klik pada nama sambungan Internet yang Anda gunakan, disebelah “Connections.” Klik pada tombol “Details” dan catatlah angka yang ditampilkan disebelah “IPv4 Address.”Gambar Ketiga Cara Mengakses Windows Remote Desktop Lewat Internet Oleh Cara Segiempat Jika Anda tidak mengetahui alamat IP router, alamatnya mungkin sama dengan alamat “IPv4 Default Gateway” pada jendela “Network Connection Details.” Masukkan alamat ini pada address bar untuk mengakses web interface router.
Login kedalam router dan carilah opsi “Port Forwarding.” Forward TCP port 3389 ke alamat IPv4 yang Anda catat sebelumnya.Gambar Keempat Cara Mengakses Windows Remote Desktop Lewat Internet Oleh Cara Segiempat
Anda sekarang dapat login ke Remote Desktop lewat Internet, terhubung ke alamat IP eksternal jaringan komputer Anda, yang juga dikenal dengan alamat IP publik.Gambar Kelima Cara Mengakses Windows Remote Desktop Lewat Internet Oleh Cara Segiempat
Jika Anda melakukan forward port, Anda mungkin ingin mengatur layanan DDNS, sehingga Anda dapat selalu terhubung, meskipun alamat IP jaringan komputer Anda berubah. Anda juga mungkin ingin mengatur alamt IP statis pada komputer ynag menjalankan server Remote Desktop. Lakukan hal ini untuk memastikan alamat IP internal komputer tidak berubah.

Post a Comment