9 Cara ampuh mengatasi iritasi kulit

9 Cara ampuh mengatasi iritasi kulitMerdeka.com - Kulit kemerahan, gatal, kering, bersisik atau radang, merupakan gejala dari iritasi kulit. Gejala lainnya meliputi; benjolan, nyeri, sensasi terbakar, ruam dan pecah-pecah. Beberapa masalah iritasi kulit umumnya disebabkan oleh paparan parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, sabun, suhu ekstrem panas atau dingin, kain dan pewarna sintetis.

Selain itu, iritasi kulit juga juga dapat disebabkan oleh bahan kimia yang ditemukan dalam kosmetik, produk rambut, perhiasan, produk lateks, karet, beberapa jenis tanaman, sengatan serangga, dan bahkan bulu hewan peliharaan. Berikut adalah cara ampuh mengatasi iritasi kulit seperti dilansir HealthArticles.

1. Menempatkan kompres dingin pada daerah kulit yang teriritasi

Hal ini sangat efektif untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat iritasi pada kulit. Rendam kain dalam air dingin dan taruh kain pada kulit yang teriritasi. Atau, kompres dengan kantung es yang sebelumnya dialasi handuk.

2. Baking soda

Baking soda merupakan obat yang efektif untuk melawan iritasi kulit. Buatlah pasta dari baking soda dengan menambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada daerah yang teriritasi.

3. Mandi oatmeal

Jika iritasi kulit jadi meradang dan gatal, Anda dapat menggunakan oatmeal untuk mandi. Ambil dua cangkir oatmeal, giling menjadi bubuk halus dan tambahkan ke dalam air hangat saat mandi.

4. Gel aloe vera

Cara lain untuk meredakan iritasi adalah dengan menerapkan gel lidah buaya ke area kulit yang teriritasi. Cara ini dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

5. Sari apel

Sari apel dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumah untuk iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan luka cukur. Siram sari apel langsung ke daerah kulit teriritasi dengan kapas. Ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari.

6. Minyak chamomile

Minyak atsiri dari chamomile adalah solusi pengobatan rumah yang baik untuk iritasi kulit. Gosokkan minyak chamomile langsung ke daerah yang teriritasi.

7. Campuran madu dan kayu manis

Campuran madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit. Campurkan 3 sdm madu dengan 2 sdm bubuk kayu manis untuk membuat pasta kental. Gosok pasta tersebut langsung ke area kulit yang teriritasi. Kemudian bilas setelah mengering.

8. Campuran madu dan telur

Campuran madu dan telur dapat digunakan sebagai masker pada wajah untuk meredakan iritasi pada daerah wajah. Biarkan sekitar 10 menit dan kemudian bersihkan wajah Anda. Ini adalah obat alami yang baik untuk iritasi pada kulit wajah.

9. Mentimun

Mentimun adalah salah satu pengobatan rumah yang direkomendasikan untuk iritasi kulit. Tempatkan irisan mentimun pada daerah kulit yang teriritasi.

Inilah sembilan cara ampuh mengatasi iritasi kulit. Anda tentu bisa mempraktekkannya, jika mengalami iritasi pada kulit.

Post a Comment