Perbedaan CPU (Processor) Tray & Box

Jika anda pergi ke sebuah toko komputer untuk membeli CPU (Central Processing Unit) atau kalau di Indonesia lebih umum disebut processor, biasanya ada beberapa model CPU yang dijual dalam 2 pilihan kemasan yaitu tray dan box, nah apa sih perbedaan antara CPU tray dan box tersebut ? Perbedaan pertama tentunya bisa dilihat dari fisik kemasannya, CPU tray kemasannya hanya berupa plastik saja, sedangkan CPU box dijual dengan dus yang tersegel, saya sendiri seingat saya belum pernah membeli CPU yang tray jadi tidak tahu apakah CPU yang tray itu kemasan plastiknya disegel juga atau tidak.

Selain bentuk kemasannya, CPU yang box di dalamnya juga berisi buku manual (biasanya ada sticker-nya) dan heatsink + fan, jadi anda tidak perlu membeli heatsink + fan lagi untuk CPU anda, sedangkan yang tray tentu saja tidak memliki kelengkapan tersebut sehingga harga jualnya pun lebih murah dibandingkan yang kemasan box, tapi walaupun begitu ada juga toko yang menjual CPU jenis tray ini disertai dengan heatsink + fan, tapi entah apakah heatsink + fan-nya buatan Intel / AMD atau bukan.

Tapi ternyata perbedaannya bukan itu saja, tadi saya sempat membaca artikel di situs Intel tentang perbedaan CPU tray dan box, dan ternyata perbedaan lainnya adalah dalam hal garansi, CPU yang dijual dengan box (dus) itu katanya mendapatkan garansi langsung dari Intel selama 3 tahun, tapi kalau CPU yang tray garansinya tidak langsung ke Intel.

Tadi saya juga sempat membaca sebuah thread di forum CHIP, ternyata CPU tray itu ada juga yang remarked! jadi CPU dengan performa lebih rendah di-overclock agar spesifikasinya menjadi lebih tinggi kemudian sablonan di CPU-nya diganti! Salah satu contoh CPU remarked bisa anda baca di artikel ini, di artikel tersebut diperlihatkan CPU AMD Athlon XP 2200+ hasil remarked-an dan perbandingan perbedaannya dengan CPU yang asli.

Jadi sebaiknya pilih mana ? tray atau box ? menurut saya sih kalau perbedaan harganya hanya sedikit lebih baik anda beli yang box, dan pastikan juga ketika membeli anda lihat-lihat dulu box CPU-nya apakah masih tersegel dengan baik atau sudah dibuka. Tapi kalau perbedaan harganya lumayan tinggi dan anda memilih untuk membeli CPU yang tray, pastikan saja toko tempat anda membeli adalah toko yang terpercaya dan anda sempatkan browsing-browsing terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada atau tidak informasi di internet tentang beredarnya CPU remarked-an untuk model CPU yang akan anda beli.

Menurut saya sih selain masalah CPU remarked-an, yang perlu dikhawatirkan dari CPU tray adalah apakah CPU tray tersebut dijual dalam kondisi benar-benar baru atau bekas pakai, hal ini juga perlu anda pertimbangkan karena kita sebagai pembeli tentunya tidak ingin membeli barang bekas dengan harga baru bukan ?

Post a Comment