Cara Menyampaikan Penawaran dengan Press Release

BANYAK orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release, padahal hal itu adalah sarana awareness yang paling murah dan efektif karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang sekaligus.

Lalu, bagaimana supaya press release, artikel Anda kemungkinannya dimuat lebih besar?

1. Harus Layak Berita.Yang dimaksud layak berita adalah artikel Anda menarik untuk diketahui orang lain. Cerita kita harus menarik perhatian orang. Tulis seperti jurnalis, bukan seperti iklan. Cerita yang emosional, shocking, heboh, kontras, dan inspirasional.
2. Kirim kepada lebih dari satu majalah.
3. Tulis dalam Surat Pengantar.
Tulis dalam surat pengantar, nama majalah-majalah yang dikirimi artikel ini dan sebutkan bahwa hanya satu majalah yang paling cepat memberikan respons yang boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara eksklusif.
4. Follow Up dengan Telepon.Setiap surat kepada pers harus ditindaklanjuti dengan telepon.

Press release merupakan salah satu bentuk usaha marketing yang sangat efektif karena biayanya sangat murah namun hasilnya sangat luar biasa. Tips lainnya yang bisa Anda ikuti yaitu:

1. Berikan dan siapkan foto Anda.
2. Berikan kontak detail Anda.
3. Cari kesempatan apakah kita bisa menjadi penulis kolom yang rutin.
4. Selalu ukur dan tes apa yang kita kirim dan kepada siapa kita kirim. Ingat ada orang tertentu yang bisa menjadi sahabat Anda dan mereka juga perlu artikel.
5. Seandainya memungkinkan, kita bisa menjadi kolumnis untuk surat kabar, tabloid, ataupun majalah.              

Post a Comment