Cara Menghapus Super User (Unroot) Android

Dari artikel sebelumnya, tentang Tutorial Cara Rooting Galaxy Mini. Banyak yang menanyakan bagaimana cara untuk meng Un-root android-nya. Nah dari pada menjawap satu-persatu, langsung saja lewat tulisan berikut ini.
Seperti kita ketahui, kenapa perlu rooting? ya tentunya untuk mendapatkan akses penuh terhadap device yang kita punya, agar lebih leluasa dalam melakukan konfigurasi dan kustomisasi. Tapi tidak sedikit juga yang ingin mengembalikan device android-nya kedalam keadaan semula sebelum di root, dengan berbagai alasan, yang diantaranya biar garansi pabrik tidak hangus.
Melalui tulisan ini saya akan mengulas tutorial bagaimana cara melakukan un-root device android yang sudah di root. Secara sederhana, aplikasi untuk melakukan rooting seperti superoneclick sudah menyediakan fasilitas untuk unroot. Tetapi itu saja tidak cukup, karena masih meninggalkan jejak, yaitu aplikasi superuser.apk masih bertahan di system android. Bahkan setelah di reset pabrik juga tetap saja tidak bisa hilang. Apa yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa hilang? itu dikarenakan pada saat proses rooting, aplikasi tersebut akan di simpan sebagai aplikasi system, sehingga tidak bisa di hapus dengan mudah.
Nah Bagaimana cara agar aplikasi superuser.apk tersebut bisa dihilangkan dari device android? Dibutuhkan akses ke system file dengan mode r/w. Bagaimana caranya? sudah pernah dibahas dalam tulisan terdahulu tentang Cara Mount File System.
Selanjutnya Mari kita simak Tutorial lengkap step by step untuk melakukan unroot device android.

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan unroot, diantaranya:

  1. Aplikasi SuperOneClick, yang bisa di unduh disini.
  2. Aplikasi Root Explorer, yang bisa di unduh di market.
  3. Device masih dalam keadaan root, jika sudah di unroot sebelumnya (belum sukses hapus superuser.apk) sebaiknya root ulang device anda.

Langkah-langkah melakukan unroot, sebagai berikut:

    1. Lakukan mounting file system ke mode r/w, gunakan aplikasi Root Explorer. lali klik mount r/w
  1. Lalu Hapus file superuser.apk, kemudian mount ulang ke mode r/o (klik tombol mount r/o).
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi SuperOneClick, dan pastikan device terhubung dengan benar ke pc, lalkukan proses unroot menggunalan aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya restart device anda.
  4. Biar lebih afdol, lakukan reset pabrik.
  5. Device sudah bebas root dan aplikasi super user.

Post a Comment