Auto Complete Java Menggunakan SwingX

Autocomplete java tidak hanya bisa dilakukan dilingkungan web menggunakan berbagai macam framework javascript seperti JQuery misalnya, tetapi bisa juga diimplementasikan pada lingkungan desktop. Pada tutorial ini saya akan membahas tentang pengimplementasian fitur autocomplete java pada aplikasi dekstop denga bantuan librarySwingX.
Untuk kesederhanaan tutorial maka kode aplikasi tidak saya tulis lengkap, hanya bagian-bagian yang penting yang saya tulis. Selain itu mengenai penggunaan layering tidak akan saya bahas lagi. Oleh karena itu, bagi yang belum memahami layering saya anjurkan untuk mempelajarinya terlebih dahulu disini.
Hasil akhir aplikasi adalah seperti pada gambar di bawah ini:
autocomplete java
Setiap kali pengguna melakukan inputan pada combobox maka sistem akan memberikan rekomendasi nama pelanggan yang paling mendekati inputan yang dilakukan oleh pengguna. Seperti gambar diatas ketika saya mengetikkan “ic” maka sistem otomatis merekomendasikan nama “ickta”.
Jangan lupa tambahkan library Swingx dan MySql JDBC Driver kedalam classpath dari project autocomplete java.

langkah#1 Membuat Domain Model Project Autocomplete Java

class Pelanggan

Langkah#2 Membuat Class Service pada Project Autocomplete Java

Class ini digunakan untuk melakukan query data dengan database. Biasanya digunakan untuk melakukan manipulasi data pada database juga. Akan tetapi, disini saya hanya menulis satu method untuk melakukan query data.
interface PelangganService

class PelangganServiceImplJdbc

Langkah#3 Membuat UI Project Autocomplete Java

Saya menggunakan UI yang simpel saja seperti ini:
autocomplete java
Tambahkan sebuah method untuk inisialisasi data pada combobox yang diambil dari database dan juga ubah constructor-nya sehingga menjadi seperti ini:
Setelah itu jangan lupa memodifikasi Class Main menjadi seperti berikut ini
Coba jalankan Class ini dan kamu bisa merasakan fitur autocomplete. Jika masih ada yang kebingungan silahkan untuk diskusi bersama melalui fitur komentar pada tutorial ini :)

Post a Comment