Setting VGA ATI pada Ubuntu 10.10

Ok... sore ini saya akan menulis lagi ya para sobat.. hee.. kali ini tentang setting VGA pada Ubuntu 10.10. kenapa pada ubuntu 10.10.. karena itu adalah sistem operasi yang sedang saya gunakan sekarang....
ketika saya pertama kali instal ubuntu VGA menjadi rumit tidak terdeteksi.. maka yang saya lakukan adalah kesulitan mencari driver VGA yang sesuai dengan dengan laptop saya yaitu ATi..
nah yang saya kagum dari ubuntu adalah dia langsung deteksi driver yang belum kita instal dan dia akan mencarikan sendiri driver VGA yang cocok dengan seri kita. syaratnya sobat harus terhubung dengan
internet. tetapi ada beberapa teman yang VGA nya tidak langsung terdeteksi Ubuntu..nah beginilah pemecahannya..

1. download paket installer dari sinaptik cari aja dengan kata kunci ati driver. biasanya berekstensi .run
2. letakkan ati driver ke folder home yang mudah dicari
3. Jalankan terminal Application>Accessories>Terminal.

4. Ketikkan perintah ls untuk meyakinkan bahwa kita berada pada direktori yang benar (direktori tempat file installer berada).
5. Jalankan installer dengan perintah sudo sh <namafile>.run. Pada contoh yang saya gunakan maka perintahnya adalah sudo sh ati-driver-installer-11-3-x86.x86_64.run. Masukkan password administrator, lalu inisialisasi installer akan bekerja.
 6. Pada window yang terbuka, klik Continue.

 7. Klik I Agree.
 8. Pilih Automatic, lalu klik Continue.

 9. Installer akan mulai menginstall file-file driver. Tunggu hingga selesai.

 10. Setelah selesai, klik Exit, lalu restart PC.

 11. Setelah restart, maka resolusi layar akan berubah sesuai dengan spesifikasi monitor. Dan akan muncul program baru yaitu ATi Catalyst Control Center di System>Preference. Dengan program ini, kita bisa mengatur resolusi layar, warna, dan pilihan 3D.








Post a Comment