Cara cepat mencari file metadata pada komputer



Kesulitan mencari file di komputer Anda? Jika ya, gunakan saja Index Your Files.
Aplikasi ini sangat berguna jika Anda tiba-tiba teringat foto kenangan Anda yang sudah tersimpan lama di hard
disk komputer dan ingin mencarinya. Sangat berguna juga jika Anda membutuhkan berkas perjanjian yang sudah tersimpan entah di folder mana.
Tentu memerlukan waktu jika Anda harus mencarinya keluar masuk folder satu persatu. Terlebih, jika berkas yang Anda simpan jumlahnya sudah puluhan ribu dengan kapasitas hard disk Anda mencapai ratusan gigabytes.
Anda bisa saja menggunakan fungsi search file dalam sistem operasi yang Anda gunakan. Tapi, selain waktu pencarian yang lama, hasil pencarian akan berupa daftar berkas yang jumlahnya ratusan, yang tentunya akan membuat Anda pusing. Mungkin ini saatnya untuk mencoba peranti lunak Indexing Your File (IYF).
Antarmuka dan feature yang terdapat di dalam aplikasi ini sangat mudah dipelajari. Terlebih lagi, Anda dapat mempelajari penggunaan aplikasi ini melalui tutorial berbentuk flash yang bisa diakses melalui situs resminya.
Kekuatan dari IYF adalah kecepatannya dalam melakukan file indexing. Untuk mengindeks drive C: berkapasitas 151 GB dengan isi sebanyak 218.920 berkas, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 7 detik. Basis data hasil indexing ini pun berukuran kecil, 4,36 MB saja. Tentunya semua kalkulasi ini tergantung dari besar dan banyaknya kapasitas berkas digital yang tersimpan dalam hard disk Anda.
Keakuratan serta keragaman feature pencarian oleh IYF ini pun patut diacungi jempol. Hampir semua tipe berkas dikenalinya. Jika Anda ingat dengan nama berkas yang Anda cari, tinggal ketikkan nama tersebut di kolom yang tersedia. Lalu, klik tombol Search. Hasil pencarian pun akan segera keluar.
Anda pun dapat melakukan pencarian berdasarkan tanggal modifikasi berkas tersebut atau berdasarkan besar berkas yang Anda cari. Anda bahkan dapat mencari berkas berdasarkan isi yang terkandung di dalamnya. Misalnya, melakukan pencarian file MP3 berdasarkan ID3 tag (berdasarkan judul lagu, penyanyi, genre musik) atau berdasarkan metadata untuk mencari hasil fotografi (misalnya: tipe kamera, tingkat eksposur, besaran ISO).
Di bagian bawah hasil pencarian, Anda dapat melakukan pratinjau (preview). Anda dapat melihat berkas hasil pencarian satu demi satu atau melihatnya secara berbarengan lewat thumbnail. Anda bahkan dapat memainkan lagu atau film di dalam feature ini.
IYF pun sudah dapat mengenali berkas tersembunyi (hidden files). Kecepatan pencariannya sendiri tergantung kepada tipe dan batasan pencarian yang Anda terapkan. (Singgih WM – Kontributor)
***
Berbagai kelebihan dimiliki IYF, mulai dari tampilan yang mudah dipelajari, kecepatan indexing dan pencarian, keakuratan hasil pencarian, beragam feature batasan pencarian, hingga adanya fasilitas Preview. Tersedia pula versi IYF portabel untuk dimasukkan ke flashdisk. Freewareyang sudah dialihbahasakan ke 14 bahasa ini bisa dijadikan salah satu software yang wajib dimiliki.

Spesifikasi Index Your Files 5.2.0.6
Jenis
Freeware
Besar Installer
1,4 MB
Pengembang
Juan Rafael Castro
Situs Web
Sistem Operasi
Windows, Linux (Wine)




Speed is the key

Cepatnya durasi indexing serta sewaktu pencarian adalah salah satu keunggulan dari IYF.



Search by Content

Dengan feature ini, Anda dapat mencari sebuah berkas menurut isi/kata yang terkandung di dalamnya. Berkas musik bisa dicari berdasarkan ID3 Tag-nya, sedangkan foto berdasarkan sebagian metadatanya.


Preview

Dengan feature ini, Anda dapat melihat berkas hasil pencarian tanpa harus membukanya dalam jendela baru.



Plus
     : Antarmuka mudah dipelajari, kecepatan indexing dan pencarian tinggi, ada beragam feature batasan pencarian, ada feature Preview, tersedia versi portabel
Minus : Belum tersedia fasilitas alih bahasa ke bahasa Indonesia

Post a Comment