7 Tips Membuat Skripsi Teknik Informatika


Untuk mempermudah teman- teman yang sedang menyusun skripsi di teknik informatika. maka saya membuat tips untuk memudahkan teman -teman menyusun skripsi:
1. sebelumnya diharapkan temen-temen dari semester 7 sudah memikirkan skripsi apa yang akan di buat. jika tidak ingin berlama-lama di kampus. (ane 4,5 tahun :( capek kuliah gan)
2. Nah ini dia tips dari ane. Tentukan judul. Ok… untuk ini di perlukan pengetahuan dari diri kita sendiri apa yang kita mampu buat. (sedikit tips dari kakak angkatan untuk skripsi mudah: kembangkan skripsi yang sudah di buat sama kakak angkatan atau ubah sedikit judulnya misalnya
di ganti algoritma nya saja maka itu sudah menjadi skripsi tersendiri)..
3. Cari dan konsultasikan dengan dosen. Cari dosen yang mengerti dengan skripsi yang anda buat. karena tidak semua dosen ngerti dengan topik bahasan tersebut. dan konsultasikan setiap perkembangan kita.(selain dosen, bisa minta bantuan teman)
4. Referensi yang di perlukan. ini adalah bagian penting semakin anda mendapat referensi yang tepat dengan topik anda semakin cepat.. puji syukur kalo program nya sudah ada di internet jadi kita tinggal copy paste. wkwk (oh ya.. cari referensi bisa di internet atau buku teori-teori di kampus anda/ skripsi kakak-kakak angakatan yang biasanya tersimpan di kampus)
5. Buat skripsinya. Pertama-tama buat proposal dulu yang berisi bab 1, bab 2, dan bab 3 sebagian saja. kemudian buat programnya. dan di lanjutkan bab 4, bab 5 dan bab 6. Format skripsi bisa anda cari di mbah google. hhe
6. Buat Programnya. Setiap ingin menjadi sarjana teknik informatika sebenarnya tidak harus membuat program, tapi kalo harus buat program buatlah. Idealnya di buat pada pertengahan bab 1,2,3. (kalo bisa buatlah programnya sebelum membuat skripsi bab1,2,3.  jadi kita tau skripsi nya berhasil atau tidak, takutnya di kemudian hari skripsi anda mundur gara-gara anda tidak bisa membuat programnya)..
7.Sidang. Ini belum saya lakukan, masih dalam proses. doakan ya gan.. kwk

Post a Comment